Kontak Redaksi, 03170878086 / 081357333777. yani elbanis

Selasa, 05 Februari 2008

Alquran Mini dari Gresik Berusia Tiga Abad Lebih



Jawa Pos (Radar Gresik) Rabu, 10 Jan 2007

Alquran Mini dari Gresik Berusia Tiga Abad Lebih

Ditawar hingga USD 700 Ribu, Disimpan di Tembok
Alquran mini tak hanya ada di Tiongkok dan Surabaya. Miniatur Alquran yang dikenal sebagai Alquran Istambul itu juga berada di daerah kelahiran Sunan Giri di Gresik. Tepatnya, di Desa Lebanisuko, Kecamatan Wringin Anom, Kabupaten Gresik.

Siswoko, Gresik

ALQURAN mini milik Ahmad Yani Elbanis berukuran sama persis dengan Alquran mini yang dimiliki suku muslim Uygur. Suku itu mendiami daerah otonomi Xinjiang, Hami, timur laut Tiongkok. Panjangnya 3,33 cm, lebar 2 cm, tebal 1, 2 cm, dan berat 8, 4 gram.

Yani mengatakan, Alquran itu pemberian almarhum kakeknya, Kiai Saekan. Meski tergolong tua, kondisi Alquran mini tersebut masih bagus. Sampul kulitnya cokelat kemerahan, berukir tinta keemasan membentuk lambang seperti gapura dalam pewayangan (mirip simbol kerajaan).

Wadah Alquran mini itu berbentuk kotak dengan ukuran sedikit lebih besar. Bahannya seng berlapis perak dengan guratan-guratan kecil seperti sisik ular. Kotak Alquran mini tersebut juga bisa dipakai sebagai liontin kalung. Di tengah-tengah kotak itu terdapat lingkaran bulat kaca pembesar. Fungsinya memperbesar huruf per huruf Alquran tersebut. Sayangnya, kotak itu berkarat karena dimakan usia.

Menurut santri yang juga penggiat LSM itu, Alquran tersebut selalu dibawa sang kakek ke medan perang saat melawan penjajah di daerah Sumatera. "Kebetulan, almarhum kakek adalah seorang pejuang veteran," kata Yani.

Alquran tersebut berusia kurang lebih tiga abad. Hal itu diketahui dari tahun penulisannya, 1.097 Hijriah. Tulisan dalam Alquran yang dicetak di Kota Istambul, Turki, tersebut masih tampak jelas. "Alquran mini ini pernah saya celupkan ke dalam air dan kehujanan selama seminggu, tapi tidak rusak. Kualitas kertasnya begitu kuat. Walaupun tipis, Alquran ini tahan air dan tulisannya tidak luntur," kata Yani sambil menunjukkan Alquran mininya.

Banyak orang yang mencarinya. Termasuk, ulama, pejabat, politisi, pengusaha, dan kolektor. "Saya tidak tahu kenapa banyak orang memburunya. Padahal, Alquran mini ini biasa saja sama seperti Alquran pada umumnya," ujar ayah dua anak itu. Dia menambahkan, sejak masih dipegang almarhum sang kakek, Alquran tersebut memang menjadi incaran banyak orang.

"Salah seorang jenderal kepercayaan mantan Presiden Soeharto katanya pernah ingin membeli dengan harga berapa pun yang diminta untuk dijadikan sikep (azimat). Saat itu, sang jenderal akan menjalankan tugas negara guna menumpas pemberontak NKRI di Timor-Timur. Namun, kakek saya keberatan," tuturnya.

Selain itu, kata Yani, pernah ada orang yang mengaku suruhan Sultan Brunei Darussalam ingin membeli Alquran tersebut seharga USD 700 ribu. "Saya memang butuh uang, tapi tidak dengan menjual Alquran mini yang tak ternilai harganya. Benda ini banyak menyimpan kenangan sejarah masa keemasan Islam dan menjadi bukti sejarah penyebaran Islam di tanah Jawa," terang alumnus IAIN Sunan Ampel, Surabaya, itu.

Menurut Yani, Indonesia memiliki empat buah Alquran Istambul yang asli. Tiga buah tersebar di tanah Jawa dan satu di Madura. Yani mengaku tidak tahu persis apakah Alquran mininya itu termasuk salah satunya.

Alquran mini tersebut pernah hilang ketika dibawa almarhum berziarah ke makam Sunan Giri. Almarhum menyuruh Yani untuk mencarinya, tapi tidak ketemu.

Sebulan kemudian, Alquran mini tersebut ditemukan almarhum setelah salat malam. Pada saat itu, seusai kakeknya salat, seperti ada yang melempar Alquran mini tersebut dari kejauhan. Tiba-tiba saja berada di sajadahnya.

Karena banyak orang yang memburu, akhirnya sang kakek menyembunyikan Alquran mini itu di tembok rumahnya agar tidak diketahui publik. Setiap ada orang mendatangi dan menawar harganya, tambah Yani, almarhum menjawab benda itu bukan yang nomor satu. Tujuannya, yang ingin membeli mengurungkan niatnya.(*)

6 komentar:

anchy mengatakan...

Askum All. Ada yg mencri Al-Qur'an Mini (istambul) hubx 085240312453. Anti cukur, kebal kulit, dll

Anonim mengatakan...

saya juga punya banyak al Quran mini yang berminat hubungi mr_thonk@ymail.com harga nego!

heru mengatakan...

Saya juga punyak gan di rumah..
Berani dimahari brapa gan..
minat hub 085785441450...
Serius gan pokok harga.na pasti..

Unknown mengatakan...

Saya punya 2.. Dulu perna dfi tawar org 300jt.. Skrg saya butuh uang.. Hub 082257098708 rio

Unknown mengatakan...

Saya punya 1 sbesar kotak korek api peninggaln datu..ada jg 1 samurai n pedang peninggalan majapahit kata'y..ada jg 2 buntet keong,1 buntet kelapa jg ad setrika konu VOC 2 buah n 1 merk germany

Unknown mengatakan...

Ada nih punya..barang pegangan pribadi

 

blogger templates | Make Money Online