Kontak Redaksi, 03170878086 / 081357333777. yani elbanis

Senin, 11 Februari 2008

Bubarkan Jamsostek, Cabut UU Ketenagakerjaan


Deklarasi Partai Buruh Gresik

Suarahati, gresik-Partai Buruh mendesak pemerintah membubarkanJamsostek (Jaminan Sosial Tenaga Kerja) ktenagakerjaan. Sebab beradaannya dinilai hanya merugikan nasib buruh. Demikianpenegasan Ketua Umum DPP PB, DR. Mochtar Pakpakhanseusai menjadi keynote speaker dalam deklarasi DPC PBGresik di gedung GNI Jl. Pahlawan, kemarin.
Menurut Mochtar Pakpakhan keberadaan Jamsostek harusdiganti dengan lembaga sosial yang pengelolaannyamelibatkan buruh. Sebab selama ini Jamsostek hanyadikelola oleh oknum tertentu yang tidak jelaspertanggungjawabannya sehingga merugikan buruh, karenaantara pengusaha yang mewakili perusahaan bisa mainmata dengan pejabat Jamsostek, sehingga banyak danayang tidak dibayarkan oleh Jamsostek ke buruh saatmereka terkena PHK.
"Karena itu Jamsostek harus ditiadakan atau digantidengan lembaga sosial lain yang pengelolaannyamelibatkan buruh melalui bipartit," ujar Mohctar Pakpakhan yang didampingi Ketua DPC PB Gresik, H.Santoso dan panitia deklarsi, Drs. SaharSulur.
Wakil Organisasi Buruh Dunia ini menjelaskan bahwaJamsostek rawan dengan korupsi, misalnya pengelolaandana dari perusahaan-perusahaan yang menjadi anggotaJamsostek tidak ada kejelasan serta penyalurannyatidak sesuai dengan yang disetor oleh buruh melaluiperusahaannya.
"Di Gresik saja contohnya sudah ada berapa miliar danaburuh yang dikelola Jamsostek tapi tidak adapertanggungjawaban yang jelas, makanya kita mintapemerintah sebaiknya mengganti Jamsostek denganorganisasi sosial lainnya yang pengelolaannyamelibatkan buruh," tambahnya dengan mimik serius.
Selain itu lanjut Muchtar Pakpakhan Partai Buruh akanberjuang agar UU. No. 13/2003 tentang Ketenagakerjaandicabut. Alasannya undang-undang tersebut dinilaiberpihak kepada pengusaha. Misalnya soal PHK, diundang-undang itu disebutkan pesangon masih sepihakhanya menguntungkan pengusaha. Sebab keterwakilanaspirasi buruh dalam undang-undang itu tidak diberikewenangan untuk menentukan nasibnya. Selain ituundang-undang tersebut melegalkan outsorching yangsebetulnya dinilai merugikan nasib buruh.
"Inilah alasan mengapa kami mendirikan Partai Buruh,karena kami ingin memperjuangkan agar UU. No. 13/2003dicabut oleh pemerintah," terang Mochtar Pakpakhan.
Sementara itu deklarasi PB Gresik itu tampak dihadiriribuan buruh, mereka berasal dari 18 kecamatanKabupaten Gresik. Dalam sambutannya Ketua PB Gresik,Santoso bertekad akan memenangkan pemilu 2009mendatang.
"Kami sudah mempersiapkan diri untuk menang," kataSantoso mendapat aplaus panjang dari ribuan buruh yanghadir.ahmad yani elbanis
 

blogger templates | Make Money Online