Kontak Redaksi, 03170878086 / 081357333777. yani elbanis

Jumat, 15 Februari 2008

Tempati Kantor Baru



PDAM Dituntut Perbaiki Layanan

SUARAHATI, gresik - Setelah menempati kantor Baru, PDAM Gresik harus lebih memperhatikan kualitas layanan publik agar memuaskan pelanggan. Demikian himbauan Bupati Gresik Drs. KH. Robbach Ma’sum, MM saat memberikan sambutan peresmian kantor PDAM Gresik di Jl. Raya Permata Perum Graha Asri, Jumat (15/2).

Gedung Kantor seluas 700 m2 dan berdiri pada lahan seluas 2.373 m2 itu terkesan mewah dan
representatif. Badan Pengawas PDAM Gresik, Drs. Husnul Khuluq, MM mengakui jika kantor baru PDAM itu cukup megah namun ia berharap PDAM bisa meningkatkan pelayanannya. "Dengan kantor baru ini maka pelayanan PDAM harus lebih baik. Jangan hanya kantornya saja yang mewah tapi kualitas layanan kepada masyarakat dijadikan yang utama," ujar Huluq.

Ketua PCNU Gresik ini melanjutkan PDAM tidak dituntut profit setinggi-tingginya, tetapi paling tidak PDAM bisa mengutamakan pelayanan kepada masyarakat. "Untuk itu titik kebocoran bisa segera dibenahi. Pipa yang tidak layak segera diganti. Kalau bisa dalam waktu dekat agar membentu tim unit reaksi cepat (URC) yang bertugas bertindak cepat merespon keluhan pelanggan," lanjutnya.

Sementara Dirut PDAM, Drs. H. Nurdin Zaini melalui Kabag Humas Pemkab mengatakan kantor baru tersebut akan menjadi pusat pengendalian manajemen, operasional dan penyusunan kebijakan PDAM Gresik. Untuk kantor lama akan dijadikan cabang pelayanan untuk wilayah kota .

"Saat ini pelanggan PDAM Gresik terpasang 56.237 sambungan rumah dan 166 sambungan industri. Sampai akhir tahun 2007, kapasitas produksi terpasang PDAM 605 liter/detik dengan total produksi sebesar 571 liter/detik. Alokasi produksi, 89% untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga dan 11% untuk industri," katanya.

Kurang lancarnya distribusi ke pelanggan, lanjut Nurdin karena efisiensi pompa yang mengalami penurunan 30%, kekeruhan kali Surabaya yang pada tahun 2007sampai 4500 NTU, dibanding kemampuan pompa hanya 1000 NTU. "Jumlah pelanggan yang tidak sesuai dengan rancangan awal yang hanya 18 ribu sambungan, namun dalam kota mencapai 33.876 sambungan," lanjutnya.

Kekurangan sebesar 57 liter/detik dari jumlah produksi yang hanya 571 liter/detik, sedangkan kebutuhan untuk suplai ke Pelanggan sebesar 628 liter/detik. Belum lagi kekurangan dari air sumur dalam yang mencapai 30 liter/detik. Sehingga total kekurangan 87 liter/detik, ujar Nurdin. "Pada tahun 2008 ini, kami akan menambah produksi sebanyak 50 liter/detik. Hal ini untuk menambah kualitas layanan PDAM Gresik," pungkasnya. yan


 

blogger templates | Make Money Online