Kontak Redaksi, 03170878086 / 081357333777. yani elbanis

Minggu, 17 Februari 2008

Warga Manyar Demo Petrochina


GRESIK - Ratusan warga Manyar kompleks berunjuk rasa Joint Operating Body Pertamina PetroChina East Java (JOB PPEJ), kemarin. Ratusan warga itu dari Manyarejo, Manyar Sidomukti dan Manyar Sidorukun mendatangi operator lapangan sumur minyak South Bungoh, di Desa Manyar Sidomukti, Kec Manyar.

Massa yang mengatasnamankan Seram (seruan anak Manyar) dan BOM (Barisan Orang Manyar II) itu melakukan longmarch dari Balai Desa Sidomukti menuju ke lokasi sumur South Bungoh, berjarak 1,5 kilometer. Massa membentang puluhan poster bertuliskan protes. Diantaranya, PetroChina Jadilah Tamu yang Baik, UMK 2008 Kapan Direalisasikan? dan Kami Minta Uji Coba Diundur.

Sekitar 30 menit berjalan, massa sampai di pintu masuk sumur South Bungoh. Puluhan pihak keamanan dari polisi maupun Satpol PP berjaga-jaga. Dalam selebaran yang disebarkan, massa gabungan Seram dengan BOM menuntut supaya dilakukan sosialisasi ulang terkait safety sebelum uji kandungan lapisan yang digelar Minggu (17/2) ini. Massa juga kecewa dengan manajemen JOB PPEJ yang menyerahkan semua proyek eksplorasi sumur South Bungoh ke salah satu tokoh masyarakat Manyar.

"Kami yang diperalat untuk melakukan demo, ternyata hanya untuk mendapatkan proyek dari JOB PPEJ. Semuanya dimonopli," teriak salah satu orator saat melakukan aksi di pintu masuk sumur South Bungoh.

Akibat monopoli itu, Enthis Sutisna, koordinator aksi, menambahkan pihaknya menemukan beberapa ketidakberesan yang dilakukan oleh tokoh masyarakat Manyar itu. Diantaranya, pemotongan gaji pegawai eksplorasi yang notabene warga Manyar.

"Dari PT TMMJ (PT Tunas Mulya Mekar Jaya, red) karyawan digaji sebesar Rp1,6 juta. Tetapi oleh PT WUS (PT Wira Usaha Sejahtera, red) hanya diberikan Rp1,2 juta," beber Enthis.

PT TMMJ adalah pemenang tender proses drilling sumur South Bungoh. Sebagai bagian kesepakatan antara JOB PPEJ dengan warga, maka yang dipekerjakan warga Manyar hanya melalui PT WUS. Ada 69 warga yang dipekerjakan.

"Bisa dihitung berapa besarnya potongan oleh PT WUS. Bila dikalikan 69 orang yang bekerja berapa uang yang dikeruk PT WUS. Padahal itu adalah haknya pekerja yang juga warga Manyar," tambah Enthis seraya menyebut bila PT WUS

Terpenting dari itu, Moh Fahri, salah satu tokoh Manyar kompleks, warga meminta supaya JOB PPEJ menangguhkan dahulu uji kandungan lapisan sumur South Bungoh. Sebab, masyarakat menangkap peralatan safety yang dipakai tidak memenuhi stadart dari BP Migas.

"Kami tidak ingin terjadi seperti di Bojonegoro. Kami ingin ditunda dahulu sebelum benar-benar manajemen JOB PPEJ memperhatikan safety sesuai dengan ketentuan BP Migas," pinta Fahri.

Setelah melakukan orasi, perwakilan warga diterima salah satu staf JOB PPEJ. Dalam pertemuan itu warga dijanjikan bakal dilakukan sosialisasi lanjutan terkait pengamanan uji kandungan lapisan.

Field Operation Manajer JOB-PPEJ Victory Surya Kelana saat dikonfirmasi mengatakan semua hal yang berhubungan dengan pengamanan uji kandungan lapisan sudah dilakukan. "Kesemuanya sudah sesuai dengan standar BP Migas. Namun, untuk sosialisasi ulang kami tidak keberatan. Hanya untuk uji kandungan lapisan sumur South Bungoh tetap juga akan dilakukan," ujarnya. Dia juga menyebutkan, bila terkait proyek dan pemotongan gaji itu kewenangan kontraktor. (ashadi ik)

Tidak ada komentar:

 

blogger templates | Make Money Online